Selasa, 28 September 2010

Menyatukan Suporter Indonesia

 









Bisakah Aremania menggabungkan seluruh suporter se-Indonesia?
Dikirim oleh Michael Stefano Mambo

Mayoritas suporter di Indonesia mengatakan bahwa sepakbola adalah pemersatu bangsa, dimana semua suku, ras, dan agama bisa bersatu di suatu tempat dan memiliki tujuan yang sama. Tapi, itu semua hanya terjadi pada saat kita menonton Tim Nasional kita bertanding.

Coba kita lihat dan mengaca apa yang terjadi di kompetisi lokal Indonesia. Masih banyak hal-hal yang terjadi yang masih tidak kita inginkan, contohnya semua kita sudah tahu, yaitu kerusuhan antar-suporter, pelecehan kepada wanita di dalam stadion, dan masih banyak lagi.
Bila kita bertanya kepada diri kita sendiri, Apa tujuan kita datang ke stadion? Apakah kita menginginkan kerusuhan, saling mengejek antar suporter yang dapat memicu keributan antar suporter? Jawabannya tentu TIDAK.

Tujuan kita datang ke stadion yaitu cuma SATU, mendukung tim. Dalam hal ini saya melihat potensi yang besar yang dimiliki oleh AREMANIA. Menurut saya, AREMANIA BISA menjadi kiblat suporter se-Indonesia.
Dengan jumlah suporter terbanyak se-Indonesia, seharusnya AREMANIA memberi contoh kepada suporter lain, agar mereka dapat mencontoh kepada AREMANIA. Apa gunanya kita merendahkan suporter lain?? tidak ada.. Yang ada kita hanya menghabiskan seluruh tenaga kita untuk hal yang sia-sia..
Bila kita menghujat suporter lain yang ada di depan mata adalah beban bagi manajemen. Perbuatan yang kita lakukan ditanggung oleh manajemen untuk membayar semua denda atau sanksi yang diberikan kepada kita. Maukah kita menjadi suporter yang kerjaannya hanya memberi beban kepda manajemen? Tentu TIDAK.
Ingat, kita AREMANIA adalah suporter yang bermartabat yang patut dicontoh oleh suporter lain. Saya yakin AREMANIA dapat menjadikan seluruh suporter di Indonesia bersatu, baik itu The JAK, Viking, maupun Bonekmania.
Sekarang, apakah AREMANIA dapat mempersatukan seluruh suporter di Indonesia??hanya nawak-nawak AREMANIA lah yang bisa menjawab pertanyaan ini..
Salam Satu Jiwa Arema Indonesia

1 komentar:

About